Songket. Photo: Alfi Kholisdinuka/detikcom

Fashion muslim saat ini semakin beragam dan berkembang. Bahkan kain-kain tradisional asal Indonesia pun menjadi bagian ikon favorit. Salah satunya adalah kain songket tenun dari Sumatera Barat yang dikenal dengan keindahan corak dan warnanya.


Busana muslim yang berasal dari kain songket tenun pun kian terkenal, hingga mancanegara. Tak heran jika jenis kain satu ini banyak digemari oleh para hijabers, khususnya pecinta fesyen.

Namun ternyata merawat songket tenun memanglah tidak mudah. Bisa rusak karena cara perawatannya.

Lalu bagaimana cara merawat busana muslim dari kain songket tenun?

Salah seorang desainer dan pemilik butik busana muslim Irna La Perlaa, Irna Mutiara memberikan tips merawat kain songket tenun supaya tetap terawat.

“Kain songket tenun itu merawatnya tidak sembarangan. Harus hati-hati jangan sampai tenunannya menjadi rusak,” ujarnya saat ditemui Okezone di Muslim Fashion Festival 2020, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020).

Menurutnya, cara merawat kain tersebut jangan dicuci menggunakan mesin cuci karena akan merusak songketnya yang merupakan hasil buatan tangan.

“Jangan dicuci atau dikeringkan menggunakan mesin cuci. Cukup direndam sebentar, serta dikucek perlahan dan hati-hati pakai tangan,” terang Irna.

Sebagai fesyen desainer, Irna sendiri memanfaatkan kain songket tenun untuk rancangan busana yang dibuatnya. Sebab jenis kain tersebut sangat bernilai, dari segi seni dan juga nominalnya.*okezone.com

80 Views