Virus corona ternyata membawa dampak bagi New York Fashion Week, salah satunya pembatalan show dari desainer China. (AFP PHOTO / Angela Weiss)

Berbagai agenda pekan mode yang dimulai dari New York Fashion Week (NYFW) masih dihantui dengan penyebaran virus corona. Tak cuma ada kekhawatiran akan menurunnya jumlah tamu yang hadir di tengah wabah virus, tapi NYFW juga dibayangi masalah lain.


Mengutip AFP, imbas dari penyebaran virus Corona meliputi batalnya show para desainer asal China yang ingin membawa kreasinya ke New York.

Dalam sebuah showroom, seorang penanggung jawab showroom menyatakan bahwa Mukzin adalah satu-satunya label yang kemungkinan akan ada di NYFW.

Bahkan, desainer Kate Han dan karyanya yang menggabungkan tradisi budaya China dengan pendekatan modern disambut dengan beberapa barisan tempat duduk yang kosong, sebuah hal yang langka di NYFW yang biasanya sangat populer, bahkan bagi label-label emerging.

Tidak hanya para desainer yang terimbas, beberapa buyer dan jurnalis juga terpaksa membatalkan kunjungannya ke New York karena ancaman dari virus ini.

Sementara itu, label asal China lainnya, Sheguang, tetap mengadakan show. Council of Fashion Designers of America (CFDA) yang bertanggung jawab mengatur jadwal NYFW tidak mengetahui apakah ada desainer lain yang membatalkan show mereka.

Tidak hanya di New York, beberapa desainer yang akan berunjuk karya di Milan pun juga membatalkan show mereka, yakni Angela Chen, Ricostru, dan Hui.

Diperkirakan ada sekitar 1000 buyer, jurnalis, stylist, dan staf industri fesyen lainnya yang akan melewatkan Milan Fashion Week.*cnnindonesia.com

495 Views