Asmarani sedang menenun songket Aceh @Yelli Sustarina/aceHTrend

Ternyata, produksi kerajinan tenun songket Aceh bukan hanya terdapat di daerah Pidie dan Aceh Besar. Usaha kerajinan tenun songket Aceh juga terdapat Kabupaten Aceh Jaya, tepatnya di Gampong Meunasah Serba, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya.


Pemiliknya bernama Asmarani, murid Maryamu Ali atau yang dikenal dengan sebutan Nyakmu. Nyakmu adalah pengrajin tenun songket Aceh yang berasal dari Gampong Siem, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar. Asma belajar cara menenun songket langsung pada almarhumah Nyakmu 37 tahun silam.

Setelah mahir menenun, dia pun kembali ke kampungnya dan membuka usaha tenun songket di Lamno, Aceh Jaya. Sudah 30 tahun lebih usaha tenun songket ini digeluti Asma, puluhan helai songket pun telah ditenunnya dengan berbagai macam motif yang lahir dari ide-ide kreatifnya.

“Motif yang saya buat biasanya dari coba-coba, kalau cantik saya lanjutkan terus, tapi kalau jelek dibuka lagi tenunannya,” ujar Asma saat ditanya tentang ide motif yang dihasilkannya.

Songket yang dibuat Asma tidak jauh berbeda dengan songket Nyakmu dari Siem, hanya saja motifnya yang sedikit berbeda seperti bungong meulapeh (bunga berlapis) dan bungong rante (bunga rantai). Sedangkan cara menenun dan bahannya sama seperti yang diajarkan Nyakmu kepadanya.

Dalam satu bulan, Asma bisa menghasilkan tiga helai songket sekaligus. Satu helai songketnya dibandrol dengan harga Rp800.000. Namun, kendalanya adalah hanya Asma sendiri pekerjanya dan kadang dibantu oleh adiknya. Padahal di rumahnya terdapat empat buah alat tenun pemberian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Aceh Jaya.

“Mana ada anak-anak muda sekarang yang mau menenun? Kerjanya cuma duduk di rumah. Lebih baik mereka pergi kuliah atau kerja di tempat lain yang penghasilannya lebih cepat.”

Asma prihatin dengan kelangsungan tenun songket Aceh karena tidak ada lagi orang yang mau menenun selain dirinya.

Jadi, bila ada yang ingin membeli tenun songket hasil buatannya harus dipesan terlebih dahulu jauh hari sebelumnya. Pelanggan bisa memesan sesuai motif yang diinginkan karena Asma juga menyimpan beberapa perca songket dari motif yang pernah dibuatnya.

Demikian hasil wawancara acehtrend.com saat mengunjungi lokasi kerajinan tenun songket yang diberi nama Tenun Songket Asma tersebut pada Sabtu, 14 Juli 2018.*Yelli Sustarina/acehtrend.com

135 Views