Temuan peti mati di Mesir masih utuh dan tersegel rapat. Photo: sciencealert

Setidaknya ada 13 peti mati kayu berusia 2500 tahun yang ditemukan di pemakaman gurun Saqqara di Mesir. Temuan ini menjadi menarik lantaran saat ditemukan, peti tersebut masih utuh dan tertutup rapat.


Seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (8/9/2020) Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir Khaled Al-Anani menyebut, jika peti mati ditemukan di pemakaman sedalam 11 meter di bawah tanah.

Ia juga mengungkapkan, bahwa ada kemungkinan lebih banyak lagi peti mati yang belum ditemukan di lokasi yang sama.

Saat ditemukan, peti dalam posisi tertumpuk satu sama lain. Kondisi peti juga terlihat sangat terawat, bahkan beberapa warna yang dilukis pada kayunya masih utuh. Analisis awal menunjukkan, jika peti mati masih tersegel dengan baik sejak dikuburkan pertama kali.

Ini menjadi temuan yang luar biasa, lantaran pemakaman-pemakaman di Mesir biasanya tak luput dari jarahan pencuri makam. Dengan ditemukannya peti mati tersebut dalam kondisi yang tersegel, maka kemungkinan ada barang yang tak tersentuh di dalamnya.

Barang-barang tersebut tak hanya potensial memberi tahu siapa yang dikuburkan di sana, tetapi juga seberapa penting mereka. Selain itu, temuan ini kemungkinan akan menambah pemahaman mengenai kebiasaan penguburan Mesir kuno.

Lebih lanjut, dari bukti-bukti peti kayu yang ditemukan menunjukkan pemakaman yang sederhana. Sehingga ada spekulasi jika orang yang dimakamkan kemungkinan berasal dari orang-orang kelas menengah atau pekerja.

Hingga kini, nama dan identitas orang yang dikuburkan di peti mati belum ditemukan.

Namun seiring ekskavasi di situs yang terus berlanjut, pihak berwenang berharap informasi terkait hal itu dapat segera ditemukan. Termasuk juga jumlah total peti mati yang terkubur di lubang tersebut.

Saqqara sendiri diyakini berfungsi sebagai pemakaman untuk orang-orang di Memphis, yang pernah menjadi ibu kota Mesir kuno.

Selama 3.000 tahun, orang Mesir menguburkan mereka yang meninggal di situs tersebut. Dengan demikian Saqqara menjadi tempat yang memiliki banyak kepentingan.*

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “13 Peti Mati Berusia 2.500 Tahun Ditemukan di Mesir dalam Kondisi Utuh”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/read/2020/09/08/180300223/13-peti-mati-berusia-2500-tahun-ditemukan-di-mesir-dalam-kondisi-utuh?page=2.

35 Views